10 Tips Bermain Harvest Moon

Berikut ini yaitu banyak sekali tips ampuh yang dapat dipakai untuk bermain Harvest Moon dalam versi apapun.  Seperti yang kita ketahui, ada banyak game Harvest Moon yang dirilis untuk banyak sekali konsol, menyerupai Playstation, Playstation 2, Nintendo DS, Nintendo 64, dan masih banyak lagi.  Game Harvest Moon juga sangat dikenal di Indonesia, alasannya permainan ini termasuk sebagai salah satu game simulasi terbaik di dunia.  Walaupun ada banyak sekali versi dan judul, inti dari permainan ini hanya satu, mengelola sebuah pertanian sesukses mungkin sambil tetap menjaga hubungan baik dengan para penduduk desa.  Nah, dalam artikel ini kita akan membahas banyak sekali trik dan tips umum untuk menciptakan anda lebih sukses dalam bermain Harvest Moon, tentu saja tanpa memakai cheat atau instruksi tertentu.  Berikut 10 tips bermain Harvest Moon versi Top10Indo  :

by JMikeR on DeviantArt, Creative Commons



10.  Fokus untuk mencari uang di tahun pertama



Saat periode awal bermain Harvest Moon, hal yang paling sempurna untuk dilakukan yaitu mencoba untuk mencari uang sebanyak-banyaknya.  Jangan terlalu fokus untuk memberi hadiah-hadiah mahal pada gadis yang anda sukai.  Gunakanlah waktu sebaik mungkin untuk memetik tanaman-tanaman liar yang dapat menghasilkan uang.  Setelah berhasil, cobalah secepatnya membeli bibit tumbuhan yang paling menguntungkan dan dapat menciptakan anda lebih cepat kaya.  Satu poin lagi, cobalah untuk membeli keranjang (Basket) secepat mungkin, alasannya hal ini sangat mempermudah anda dalam mengumpulkan banyak sekali macam tumbuhan tanpa harus bolak-balik ke ladang pertanian.



9.  Save setiap hari

Sangat penting untuk menge-save game anda setiap hari alasannya hal ini sangat berkhasiat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya badai.  Dalam game Harvest Moon, angin ribut dapat merusak tumbuhan yang sudah susah payah anda tanam dan dapat menciptakan binatang peliharaan yang ada di luar menjadi sakit.  Jika anda menge-save game setiap hari, maka cara untuk menghindari angin ribut cukup mudah, hanya dengan melaksanakan load game saja.  Hal ini juga penting kalau misalkan anda melewatkan banyak sekali insiden penting menyerupai bazar dan hari ulang tahun atau perayaan tertentu.



8.  Bersihkan kebun anda sesegera mungkin


Membersihkan kebun memang sangat penting, apalagi di awal-awal animo di mana anda memerlukan lahan kosong untuk menanam banyak sekali macam bibit tanaman.  Masalahnya, ada sangat banyak yang harus dibersihkan, mulai dari rumput liar, kayu, sampai bebatuan kecil.  Oleh alasannya itu, luangkanlah waktu khusus untuk hal ini.  Biasanya saya melakukannya di malam hari, dikala semua pekerjaan harian menyerupai memetik tumbuhan liar dan bersosialisasi dengan warga sudah selesai.  Bersihkan setidaknya satu petak kosong, dan cobalah untuk mandi di Hot Spring sebelum tidur.  Jika uang anda sudah banyak dan tidak ingin repot, tanami saja tanah yang kosong dengan rumput (grass) yang dapat dibeli di Super Market.



7.  Tidak perlu terburu-buru untuk menikah



Banyak pemain Harvest Moon yang ingin secepatnya menikah dan berkonsentrasi terlalu banyak untuk menciptakan hati sang gadis pujaan menjadi berwarna merah tua.  Tips dari saya dalam bermain Harvest Moon, tidak perlu untuk terburu-buru menikah.  Sama menyerupai di kehidupan nyata, anda harus lebih fokus dulu ke karir, kumpulkan banyak uang, upgrade semua sangkar dan peralatan.

Dengan hal ini, anda juga dapat melaksanakan "survei" dan menjalin hubungan baik dengan semua gadis desa.  Biasanya yang saya lakukan yaitu menjalin hubungan baik ke semua gadis dengan memberi mereka banyak hadiah.  Saat hati mereka semua sudah merah, anda tinggal menentukan salah satu yang paling sempurna untuk dijadikan istri.



6.  Simpan setidaknya satu tumbuhan khas tiap musim



Jangan jual semua tumbuhan yang anda panen atau yang anda kumpulkan dari pegunungan.  Simpan setidaknya satu jenis tumbuhan setiap animo ke dalam kulkas, khususnya tanaman-tanaman langka yang tidak dapat ditumbuhkan di ladang menyerupai truffle dan poisonous mushroom.  Tanaman ini nantinya mungkin berkhasiat untuk diberikan ke orang-orang tertentu sebagai hadiah, untuk melengkapi quest, atau untuk menciptakan resep kuliner tertentu.  Akan lebih gampang lagi kalau anda sudah mempunyai Hot House, di mana anda dapat menumbuhkan semua tumbuhan di animo apa saja.



5.  Rawat binatang dengan baik

Salah satu tujuan utama bermain Harvest Moon yaitu untuk beternak dan memelihara binatang sebanyak mungkin.  Sumber utama penghasilan anda mungkin ada pada sapi dan ayam, oleh alasannya itu ternakkanlah mereka sebaik mungkin.  Jangan lupa untuk setiap hari memberi makan, sikatlah sapi-sapi anda, dan kumpulkan hasil panen dari binatang ini.  Oh ya, lebih baik untuk memasukkan para binatang ini ke dalam kandang, alasannya kalau dibiarkan di luar, ada kemungkinan mereka menjadi sakit, dan untuk memasukkannya lagi ke dalam sangkar akan sangat menyita banyak waktu (khususnya sapi dan domba).  Jangan lupa untuk merawat anjing dan kuda, serta mungkin kucing dan belibis di Harvest Moon versi NDS.



4.  Manfaatkan jasa Harvest Sprites



Harvest Sprites yaitu kurcaci-kurcaci kecil yang tinggal di pegunungan, dan mereka dapat membantu anda mengerjakan tugas-tugas sederhana di peternakan, menyerupai menyiram tanaman, melaksanakan panen, sampai merawat binatang peliharaan.  Hal ini sangat penting kalau anda tidak ingin selamanya berkutat dengan tugas-tugas membosankan dan ingin punya lebih banyak waktu untuk bersosialisasi.  Oleh alasannya itu, selalu coba untuk memanfaatkan jasa Harvest Sprites, tentu saja dengan memberi mereka imbalan setiap kali mereka tiba ke tanah pertanian anda.



3.  Jaga hubungan baik dengan tetangga

Sama menyerupai di kehidupan nyata, dalam Harvest Moon juga sangat penting untuk menjalin hubungan baik dengan tetangga.  Di Harvest Moon versi terbaru, hubungan baik anda dengan tetangga juga menjadi salah satu faktor yang diperhitungkan dalam menentukan keberhasilan anda memainkan game ini.  Satu poin lagi, menjalin hubungan baik dengan tetangga dapat memberi laba khusus, alasannya mungkin saja mereka akan tiba dan memberi anda barang-barang khusus.  Bagaimana cara paling efektif untuk melaksanakan hal ini?  Pastikan untuk memberi para tetangga anda hadiah di dikala hari ulang tahun mereka, tentu saja hadiah tersebut harus  merupakan barang yang mereka sukai.



2.  Datang dan menangkan festival



Berbagai bazar di Harvest Moon memang sangat menyenangkan untuk diikuti, alasannya anda tidak saja hanya dapat menonton, melainkan juga bertaruh dan memenangkan banyak sekali hadiah di dalamnya.  Festival binatang ternak, menyerupai ayam, sapi, dan kambing sangat berkhasiat alasannya dapat menciptakan hewan-hewan anda menghasilkan hasil panen yang lebih menguntungkan, menyerupai telur emas dan susu emas.  Festival pacuan kuda dapat menciptakan anda mendapat banyak uang kalau anda menang bertaruh.  Festival-festival lain, menyerupai lomba memasak dan bazar tomat dapat menciptakan anda lebih dihormati warga kalau berhasil memenangkannya.



1.  Pelajari cara paling efektif mendapat uang di setiap musim



Dalam Harvest Moon, ada seni administrasi yang berbeda-beda untuk menghasilkan uang di setiap musim.  Amatilah laba dan kekurangan dalam animo tertentu, dan terapkanlah hal itu untuk mendapat uang sebanyak mungkin.  Contohnya, animo panas yaitu animo paling sempurna untuk menanam nanas (Pineapple) alasannya buah ini dapat dijual dengan harga mahal.  Oleh alasannya itu, fokuslah untuk bercocok tanam.  Demikian juga dengan animo gugur (Fall), di mana anda dapat menanam Sweet Potato yang dengan cepat dapat menghasilkan uang.  Musim masbodoh memang terlihat membosankan, namun anda dapat menghabiskan banyak waktu di tambang untuk menjual material-material berharga mahal.

Nah itu tadi yaitu banyak sekali tips berkhasiat untuk bermain Harvest Moon.  Satu lagi tips yang harus anda lakukan : nikmatilah permainan ini!

Subscribe to receive free email updates: