10 Tokoh Kartun Favorit Semasa Kecil

Siapa sajakah tokoh kartun dan anime favorit anda semasa kecil?  Jika kebetulan anda lahir di final tahun 80-an dan awal 90-an niscaya akan hafal dengan daftar 10 tokoh kartun berikut ini.  Memang, daftar yang kami buat didominasi oleh tokoh-tokoh dari film final tahun 90-an dan awal 2000-an, di mana dikala itu film kartun dan anime boleh dibilang sedang jaya-jayanya di Indonesia.  Langsung saja, berikut 10 tokoh kartun favorit semasa kecil versi Top10Indo  :

By David Pursehouse, Flickr.com.  Creative Commons



10.  Pikachu



Siapa sih yang tidak kenal dengan tokoh lucu berwarna kuning ini?  Pikachu menjadi idola banyak anak kecil di dunia, termasuk bawah umur Indonesia.  Petualangannya bersama Ali dalam menjelajah dunia Pokemon benar-benar seru dan sangat menarik untuk diikuti.  Pikachu mengemban misi untuk mengumpulkan data seluruh Pokemon yang total berjumlah 151 sekaligus membasmi para penjahat yang mencoba merusak kedamaian.

Pikachu pantas disebut sebagai tokoh kartun favorit alasannya penampilannya yang menggemaskan.  Walaupun tidak sanggup berbahasa manusia, Pikachu dikenal sebagai Pokemon yang paling setia dalam menemani perjalanan Ali dan kawan-kawannya.



9.  Son Goku



Pecinta Dragon Ball niscaya kenal baik dengan sosok Son Goku.  Bagaimana tidak, ia yaitu abjad utama dari anime legendaris ciptaan Akira Toriyama ini.  Dalam Dragon Ball, kita sanggup mengikuti perkembangan Son Goku mulai dari kecil, remaja, hingga menikah dan punya anak.  Di sepanjang hidupnya, Goku juga selalu menghadapi banyak sekali petualangan dan pertempuran seru yang menarik untuk diikuti.

Saat ini, Goku sanggup disebut sebagai salah satu tokoh anime paling kuat.  Konon, kekuatannya sanggup disejajarkan dengan Superman, kalau yang dipakai pembanding yaitu tokoh-tokoh superhero.  Selain kuat, Goku juga yaitu seorang yang sangat baik hati, polos, dan mencintai sahabat serta keluarganya.  Pantas saja kalau jadinya banyak yang mengidolakan tokoh ini.



8.  Cardcaptor Sakura  (Sakura Kinomoto)



Sakura Kinomoto yaitu anak sekolah menengah (SMP) yang mempunyai kekuatan Istimewa untuk menangkap monster-monster ke dalam kartu.  Monster-monster jahat yang sudah ditangkap ini kemudian sanggup ia jinakkan dan ia pergunakan untuk melawan monster-monster lainnya.

Cerita Card Captor Sakura memang sangat unik dan lucu.  Banyak tokoh-tokoh di dalamnya yang masih membekas di ingatan kita, menyerupai Li Shaoran dan Kero, binatang lucu peliharaan Sakura.  Serial ini pertama kali ditayangkan di TPI pukul 6 pagi, dan semenjak itu mendapat sambutan yang cukup meriah dari bawah umur Indonesia.



7.  Power Rangers



Power Rangers memang bukan termasuk tokoh anime atau kartun, namun saya merasa harus memasukkan sekelompok jagoan ini sebagai salah satu tokoh favorit semasa kecil.  Bagaimana tidak, Power Rangers menjadi tontonan wajib setiap hari ahad pagi, dan kita niscaya akan kecewa kalau program ini tidak ditayangkan alasannya ada pertandingan tinju dunia.

Dari sekian banyak Ranger, biasanya anak pria akan memfavoritkan Jason (Ranger Merah), sedangkan anak perempuan akan menentukan Kimberly (Ranger Pink).  Cerita menjadi semakin seru ketika Tommy (Ranger Hijau/ Putih) ikut bergabung dengan para Rangers dalam perjuangan mereka melawan para penjahat yang dipimpin oleh Rita Repulsa.



6.  Ninja Hattori



Ninja Hattori yaitu salah satu manga paling renta yang pernah beredar di Indonesia, yang pertama kali dibentuk di tahun1950-an.  Film kartunnya yang tayang pada hari ahad pagi juga disukai oleh bawah umur alasannya ceritanya yang simpel, lucu, dan mengandung banyak pesan bermanfaat.

Hattori yaitu seorang ninja Iga yang menumpang hidup di rumah Kenichi bersama adiknya Shinzo dan anjingnya Shishimaru.  Di sana, ia bertemu dengan rival beratnya, Kimimaki dan kucingnya yang selalu mencoba menjahili Kenichi.  Wajar saja kalau Hattori cukup kerepotan untuk memastikan bahwa Kenichi selalu kondusif dari gangguan Kimimaki.



5.  Tom and Jerry



Tom and Jerry yaitu film kartun favorit saya di sore hari.  Cerita dari kartun ini bahwasanya sangat simpel, yaitu perjuangan Tom si kucing untuk menangkap Jerry si tikus.  Namun sesudah ratusan episode, ada saja intrik yang dimiliki Jerry untuk berhasil lepas dari kejaran Tom.  Film kartun ini sangat seru untuk ditonton, dan selalu berhasil menciptakan kita tertawa terbahak-bahak.

Sebagai anak kecil, tentunya kita mengidolakan si Jerry, tikus protagonis cerdik yang selalu berhasil menemukan 1001 cara mengakali Tom.  Namun terkadang, saya juga merasa kasihan dan dalam hati ingin satu kali saja Tom berhasil menangkap Jerry dan mewujudkan keinginannya.



4.  Kapten Tsubasa 



Ada masa di mana ketika hampir semua anak lelaki di Indonesia ingin menjadi pemain sepak bola.  Masa-masa itu yaitu dikala anime kartun Tsubasa menjadi hit di televisi.  Yap, anime ini bercerita perihal kisah Tsubasa Ozora menggapai impiannya menjadi seorang pesepakbola profesional, dari turnamen tingkat SD hingga sanggup mewakili Jepang ke tingkat dunia.

Saat ini, mungkin akan terasa konyol apabila mengingat banyak sekali adegan abstrak di film Tsubasa.  Tendangan super keras yang sanggup merobek gawang, tendangan yang sanggup mengeluarkan animasi macan, satu pertandingan yang sanggup berlangsung hingga 5 episode, dan masih banyak lagi hal lainnya.  Namun bagi anak yang menyaksikan dikala itu, tidak ada hal lain yang terlintas kecuali kekerenan kapten Tsubasa memimpin teman-temannya di atas lapangan.



3.  Sailor Moon



Sailor Moon yaitu tokoh kartun favorit bagi bawah umur perempuan.  Yap, anime ini memang sangat feminin, penuh dengan tokoh anime cantik, kisah percintaan, dan pertempuran yang sangat "kecewek-cewekan".  Tokoh utama anime ini yaitu seorang pelajar Sekolah Menengah Pertama berjulukan Usagi Tsukino yang mendapat kekuatan dari bulan untuk menjelma seorang Sailor.

Selain Sailor Moon, ada pula banyak sekali Sailor lainnya yang tak kalah cantiknya.  Sebut saja Sailor Uranus, Sailor Mars, Sailor Merkurius, Sailor Jupiter, dan lain-lain.  Ada pula tokoh Tuxedo Bertopeng, seorang lelaki tampan yang kelak akan menjadi kekasih Usagi.



2.  Ksatria Baja Hitam



Satu lagi tokoh non-anime/ kartun yang harus saya masukkan dalam daftar tokoh favorit semasa kecil.  Ksatria Baja Hitam yaitu salah satu film paling terkenal yang mungkin ditonton oleh seluruh anak Indonesia pada masa itu yang mempunyai jalan masuk ke televisi.  Ceritanya juga bahwasanya mudah dan monoton dari episode ke episode.  Ada monster jahat yang menyerang bumi, Kotaro Minami menjelma Ksatria Baja Hitam, bertarung melawan musuh, memakai jurus maut, dan jadinya menciptakan monster meledak berkeping-keping.  Bagi anak yang lahir di tahun 80-an dan 90-an, Ksatria Baja Hitam akan selalu menjadi kenangan manis yang selalu hidup dalam memori mereka.



1.  Doraemon



Nah, jadinya kita hingga pada tokoh kartun favorit semasa kecil yang paling legendaris, Doraemon.  Yap, robot kucing dari kurun ke-22 ini sepertinya akan terus hidup dan dicintai oleh bawah umur di seluruh dunia.  Petualangannya bersama Nobita, Suneo, Giant, dan Shizuka sepertinya akan menjadi dongeng yang tidak pernah membosankan untuk terus ditayangkan.

Doraemon mungkin sanggup dibilang sebagai satu-satunya kartun tahun 90-an yang masih tersisa dan masih ditayangkan di hari Minggu hingga dikala ini.  Wajar, setiap dongeng di Doraemon memang sangat lucu, kreatif, dan selalu mengandung nilai pelajaran yang sanggup kita ambil hikmahnya.

Subscribe to receive free email updates: