10 Film Termahal Di Dunia

Untuk membuat film yang berkualitas, diharapkan biaya yang tidak sedikit.  Biaya tersebut terkadang melambung sampai mencapai ratusan juta dollar Amerika Serikat, hanya untuk memproduksi sebuah film.  Tidak hanya untuk membayar para bintang film dan kru yang bekerja selama proses pembuatan, uang ratusan juta dollar tersebut juga dipakai untuk berpromosi dan menarik pengunjung sebanyak mungkin.

Jika beberapa waktu yang kemudian Top10Indo menyajikan artikel perihal film terpopuler di dunia, maka dalam kesempatan kali ini kami akan membahas sepuluh film termahal di dunia, dengan biaya produksi paling besar.  Langsung saja, berikut daftarnya:

by Rego Korosi on Flickr.com via Creative Commons

10.  Man of Steel


Biaya produksi:  225 juta US Dollar

Diproduksi pada tahun 2013, film yang bercerita perihal sosok Superman yang berusaha menemukan masa lalunya memang cukup memukau.  Ada banyak dampak komputer canggih yang bisa anda temui sepanjang film diputar, dan niscaya untuk membuat hal ini diharapkan biaya yang sangat mahal.  Selain itu, proses pengembangan film ini memakan waktu yang cukup lama, sekitar 5 tahun.

Biaya yang sangat banyak tersebut boleh jadi mendapat akhir yang setimpal.  Film berdurasi 143 menit ini sudah berhasil meraih lebih dari 660 juta dollar pendapatan kotor dari aneka macam dunia.  Melihat jawaban yang cukup faktual dari para fans, tampaknya para produser akan memutuskan merilis sekuel dari Man of Steel.



9.  The Lone Ranger


Biaya produksi:  225 juta US Dollar

The Lone Ranger adalah film perihal kehidupan di dunia barat pada masa cowboy dan Indian.  Diperankan oleh dua nama besar, Johnny Depp dan Armie Hammer, film ini memakan biaya produksi yang sangat mahal, sedikit di atas Man of Steel.  Selain untuk menggaji dua bintang film ternama tersebut, banyak dana yang dialokasikan untuk membuat setting kehidupan dunia barat terlihat lebih realistis.

Walaupun menghabiskan banyak uang, The Lone Ranger terbilang biasa-biasa saja, baik dari segi kualitas artistik maupun kesuksesan di pasar.  Film ini hanya mendapat rating 6,7 dari IMDb dan sejauh ini gres bisa meraup pendapatan kotor sebesar 243 juta dollar.



8.  The Chronicles of Narnia: Prince Caspian


Biaya produksi:  225 juta US Dollar


Dirilis ke publik pada tahun 2008, The Chronicles of Narnia: Prince Caspian adalah sekuel kedua dari serial Narnia yang dirilis di layar lebar.  Film yang berkisah perihal kehidupan di dunia fantasi ini mutlak memerlukan biaya yang tinggi, terutama untuk membuat dunia yang indah yang dipenuhi dengan aneka macam makhluk fantastis.

Prince Caspian memang bisa memuaskan banyak penggemar serial Narnia, namun secara global, kesuksesan film ini terbilang biasa-biasa saja.  Hal itu tercermin dari rating 6,6 yang diberikan oleh IMDb dan sama sekali tidak berhasil masuk nominasi penghargaan film elit dunia.



7.  The Dark Knight Rises


Biaya produksi:  230 juta US Dollar

Tak sia-sia para produser mengeluarkan biaya produksi yang sangat besar untuk film ini, sebab The Dark Knight Rises dianggap sebagai salah satu film superhero terbaik sepanjang masa.  Film ini menceritakan perihal kisah Batman, dan dianggap merupakan yang paling berkualitas di antara film Batman lain yang pernah diputar di bioskop.

Kolaborasi yang luar biasa antara sutradara Christopher Nolan serta Christian Bale dan Tom Hardy selaku bintang film membuat Dark Knight Rises mendapat rating yang tinggi dari aneka macam media.  Tak hanya itu, film ini juga bisa menghasilkan lebih dari satu milliar US dollar dari seluruh penjualan tiket serta DVD.



6.  Avatar


Biaya produksi:  237 juta US Dollar

Bisa dimaklumi apabila film ini memakan biaya yang sangat tinggi, sebab hampir seluruhnya tersusun oleh grafis komputer yang sangat canggih.  Avatar tidak hanya menyajikan dunia fantasi yang penuh dengan makhluk-makhluk aneh, namun juga peradaban tersendiri dengan aneka macam bahasa, budaya, dan kehidupan yang sangat sureal.

Film yang dirilis pada tahun 2009 dan mempunyai durasi hampir tiga jam ini juga meraih laba yang sangat besar, hampir sepuluh kali lipat dari biaya produksinya.  Melihat fakta ini, tampaknya tidak hiperbola jikalau kita berharap akan dirilisnya sekuel dari film Avatar.



5.  Harry Potter and the Half-Blood Prince


Biaya produksi:  250 juta US Dollar

Nama besar serial Harry Potter yang sangat sukses dalam penjualan novelnya membuat para produser tidak segan-segan menggelontorkan ratusan juta dollar untuk proses produksi Half-Blood Prince.  Serial keenam dari Harry Potter ini memang menjadi salah satu potongan penting dari keseluruhan novel, di mana aneka macam fakta penting terungkap di dalamnya.

Budget jutaan dollar tampaknya sebagian besar dialokasikan untuk membuat dunia sihir yang penuh keajaiban.  Tak hanya itu, honor para pemain utama film ini, menyerupai Daniel Radcliffe, Emma Watson, dan Rupert Grin juga dikabarkan melonjak berkali-kali lipat dari film sebelumnya.



4.  John Carter


Biaya produksi:  250 juta US Dollar

John Carter adalah sebuah film produksi Walt Disney yang pertama kali tayang pada tahun 2012.  Film ini bercerita perihal kehidupan di masa depan, seputar peperangan di planet Mars dan dibentuk menurut novel yang ditulis oleh Edgar Rice Burroughs.  Tak hanya melawan sesama manusia, ada pula aneka macam alien-alien menakutkan yang harus dihadapi oleh sang tokoh utama.

John Carter adalah pola lain sebuah film berbiaya produksi besar yang tak terlalu sukses di pasaran.  Film ini mendapat rating biasa-biasa saja, 6,6 dari IMDb.  Sejauh ini John Carter juga "hanya" bisa meraih pemasukan sebesar 248 juta dollar Amerika Serikat.



3.  Spider-Man 3


Biaya produksi:  258 juta US Dollar

Hingga ketika ini, Spider-Man 3 masih memegang rekor sebagai film superhero termahal di dunia.  Dibintangi oleh Tobey Maguire dan Kirsten Dunst pada tahun 2007, film ini dianggap bisa memuaskan para penggemar Spider-Man.  Sosok sang superhero dihadirkan dengan lebih keren dan memukau, begitu juga dengan musuh-musuhnya.

Berbicara dari segi keuntunga, Spider-Man 3 bisa meraih laba yang cukup besar, mencapai 890 juta US Dollar.  Hanya saja, kualitas film ini banyak dikritik dan terbukti hanya bisa meraih rating 6,3 dari IMDb.



2.  Tangled


Biaya produksi:  260 juta US Dollar

Tangled adalah film animasi anak dengan biaya produksi tertinggi yang pernah dibuat.  Dirilis pada tahun 2010 Tangled berkisah perihal petualangan seorang putri berjulukan Rapunzel yang mempunyai rambut yang sangat panjang.  Putri ini berhasil melarikan diri dari menara yang ditinggalinya selama seumur hidup dan menemukan aneka macam hal menarik di dunia yang dijelajahinya.

Tampaknya, biaya yang dikeluarkan oleh rumah produksi Walt Disney untuk membiayai Tangled tidaklah sia-sia.  Film ini berhasil meraih satu nominasi penghargaan Oscar, mendapat rating yang cukup tinggi dari aneka macam media, serta meraih pemasukan lebih dari 590 juta US dollar.



1.  Pirates of the Caribbean: At World's End


Biaya produksi:  300 juta US Dollar

Rekor film termahal di dunia sampai ketika ini masih dipegang oleh Pirates of the Caribbean: At World's End yang diproduksi dengan biaya sekitar 300 juta US dollar.  Dirilis pertama kali pada tahun 2007, film yang dibintangi oleh Johnny Depp  ini berhasil dinominasikan untuk dua penghargaan Oscar dan meraih 18 penghargaan bergengsi lain di dunia perfilman.

At the World's End adalah film ketiga dari serial Pirates of Caribbean yang bercerita perihal petualangan para pelaut di Karibia.  Jika melihat jumlah laba yang dihasilkan (lebih dari 960 juta US Dollar), tampaknya keputusan para produser untuk mengeluarkan banyak uang yakni keputusan investasi yang tepat.  Kita lihat saja, apakah di masa depan akan ada film layar lebar yang dibentuk dengan biaya produksi yang lebih tinggi dari At World's End.

Subscribe to receive free email updates: