Apa Itu Digital Asset Management (Dam) - Pengertian Dan Definisi

Apa itu Digital Asset Management (DAM) ? Manajemen aset digital (DAM) yaitu proses bisnis untuk mengatur, menyimpan dan mengambil media kaya dan mengelola hak dan izin digital. Aset media kaya meliputi foto, musik, video, animasi, podcast dan konten multimedia lainnya.

DAM melibatkan pembuatan arsip, pengembangan infrastruktur untuk melestarikan dan mengelola aset digital dan fungsi pencarian yang memungkinkan pengguna selesai mengidentifikasi, menemukan dan mengambil aset. Paling sederhana, DAM yaitu kumpulan catatan database. Setiap record database berisi metadata yang menjelaskan nama file, format dan informasinya wacana konten dan penggunaannya. Perangkat lunak pengelolaan aset digital sanggup dipakai untuk menciptakan dan mengelola database dan membantu perusahaan untuk menyimpan media yang kaya dengan biaya yang efektif.

Apa itu aset digital?


Aset yang dikelola disimpan dalam format digital dan dirinci berdasarkan metadatanya. Metadata sanggup menggambarkan konten aset, sarana pengkodean, kepemilikan, dan hak akses.

Jenis pengelolaan aset digital


Ada beberapa kategori administrasi aset digital yang luas. Sistem pengelolaan aset merek mempunyai konten yang sebagian besar terkait dengan pemasaran, menyerupai logo. Sistem pengelolaan aset perpustakaan berfokus pada penyimpanan dan pengambilan aset media yang jarang berubah, menyerupai pengarsipan foto. Sistem pengelolaan aset produksi mengelola aset dikala diciptakan untuk produksi media digital, menyerupai permainan video. Ada juga sistem pengelolaan aset digital berbasis awan, yang memungkinkan pengguna mengakses aset dari perangkat apa pun, termasuk seluler.

Perangkat lunak DAM


Sementara perangkat lunak pengelolaan media digital pernah dipakai secara pribadi oleh perusahaan penerbitan dan media, namun perangkat tersebut semakin digabungkan ke dalam sistem pengelolaan konten dan sangat menarik bagi perusahaan penjualan eceran yang mempunyai situs web yang menghadap pelanggan. DAM umumnya dianggap sebagai subset dari enterprise content management (ECM), sebuah proses bisnis untuk mengatur dokumen teks, email dan spreadsheet.

Manfaat perangkat lunak DAM


Beberapa manfaat perangkat lunak DAM yaitu memungkinkan susukan ke media digital kapanpun dan dimanapun. Ini juga meliputi implementasi yang cepat, integrasi yang mudah, dan intuitif.

Gunakan kasus


Siapa pun yang perlu mengoptimalkan alur kerja aset digital memerlukan sistem pengelolaan aset digital. Pemasar sanggup menumbuhkan merek mereka dan meningkatkan konsistensi merek dengan sistem DAM. Perancang sanggup memakai DAM untuk mengoptimalkan alur kerja mereka dengan sanggup segera mencari file dan aset repurpose. Tim penjualan sanggup mempunyai bahan dan sumber terkini dan kapan saja dan dimana saja. Agen sanggup memakai DAM untuk menyimpan semua file bahan iklan mereka yang terorganisir, yang memungkinkan waktu penyelesaian lebih cepat. Dan biro sanggup mengoptimalkan proses pengirimannya.

Subscribe to receive free email updates: