Ini Beliau 9 Kebiasaan Orang Indonesia Yang Dikata Asing Oleh Orang Asing

Kamu mungkin sering menyampaikan “aneh” pada orang asing alias bule. Begitu pun juga sebaliknya, kebanyakan bule yang gres pertama kali mendatangi Indonesia dan melihat pribadi bagaimana masyarakatnya saling berinteraksi dibentuk kaget dan lucu dengan beberapa kebiasaannya.

Kebiasaan orang indonesia lagi menyebrang sembarangan
Yup, diakui memang Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan keindahan alam dan ragam budayanya. Tidak heran kalau banyak orang yang ingin “mampir” hanya untuk sekadar menikmati kedua hal tersebut. Beberapa hal yang dianggap unik oleh bangsa asing antara lain ialah sebagai berikut.

1. Mandi Dua Hari Sekali

Jika ada yang mandi sehari sekali, niscaya kau bilang ia jorok. Tapi berdasarkan orang asing alias bule, mandi dua kali sehari itu dianggap sebagai sesuatu yang aneh. Di Jepang, orang-orang hanya mandi pada malam hari, sedangkan di beberapa negara barat, orang hanya mandi di pagi hari. Sedangkan di Indonesia, dominan masyarakatnya mandi di pagi dan sore hari.

2. Kaki Telanjang

Bagi orang asing atau bule, menggunakan ganjal kaki merupakan sebuah kewajiban. Bahkan di rumah sendiri pun, mereka cenderung tetap mengenakan ganjal kaki. Sementara di Indonesia, banyak orang yang bertelanjang kaki di pegunungan, pantai, maupun sawah. Bahkan tidak sedikit karyawan yang mengenakan sepatu ke kantor, namun mengenakan sandal ketika sedang berada di dalam kantor.

3. Pohon, Pot Besar, dan Pedagang Kaki Lima

Bagi orang bule, trotoar diciptakan sebagai wahana bagi para pejalan kaki untuk menikmati suasana kota dan pemandangan di jalanan. Namun di Indonesia, trotoar justru malah dipakai untuk berjualan atau ditempatkan untuk pohon besar dan pot-pot besar berisi tanaman.

4. Gunungan Sampah

Bagi orang asing, sampah ialah sesuatu yang menjijikkan sehingga sangat mengherankan kalau ada gunungan sampah di pinggiran jalan atau bahkan di depan rumah sendiri. Namun, inilah yang terjadi di Indonesia. Gunungan sampah ada di mana-mana dan seperti sudah berteman dengan kehidupan manusia.

5. Menyebrang Jalan di Sembarang Tempat

Peraturan kemudian lintas di Indonesia memang kurang dihargai oleh masyarakatnya sehingga menciptakan masyarakat asing merasa heran mengapa ada orang yang menyebrang di sembarang daerah dan mengapa pula ada orang yang tanpa rasa bersalah melaksanakan pelanggaran kemudian lintas.

6. Banyak Pengemis

Banyaknya pengemis yang berkeliaran di sekitar jalan raya menciptakan orang asing juga terheran-heran. Bahkan tidak sedikit daerah makan yang dikunjungi oleh para pengemis tersebut tanpa rasa malu.

7. Musik Cengeng

Musik memang belahan dari kehidupan masyarakat Indonesia, namun pilihan musik yang cenderung cengeng dan selalu bercerita perihal cinta juga menjadi salah satu keunikan yang menciptakan orang asing merasa heran.

8. Obat Herbal

Bagi orang asing, mengonsumsi obat ketika sedang sakit memang biasa dilakukan. Namun, kebanyakan orang Indonesia justru mengagung-agungkan obat herbal sebagai sesuatu yang berguna sekaligus tetap mendatangi dokter di ketika yang bersamaan.

9. Kuku yang Panjang

Di beberapa tempat, terutama suku pedalaman, kuku panjang bagi seorang pria dapat jadi biasa. Namun bagi orang asing, ini ialah hal yang cukup mengherankan sebab di mata mereka hanya wanita yang dapat memanjangkan kuku demi kepentingan estetika.

Kalau menurutmu, ada lagi enggak hal yang dapat menciptakan orang asing merasa abnormal dengan tingkah laris dan kebiasaan orang Indonesia?

Subscribe to receive free email updates: